Sabtu, 06 Agustus 2016

Kalau nemu bungkusan ginian dijalan, jangan diabaikan atau dibuang !

Wawker.com | Tahu Silica Gel? Mungkin ada yang tidak familiar dengan nama ini, namun cerpen yakin kamu pasti pernah lihat benda kecil satu ini. Biasanya silica gel akan diletakkan pada kotak sepatu baru, tas baru, atau botol pil obat. Bentuknya kertas persegi panjang warna putih, isinya butir- butiran kecil gitu, kayak gini

Nah, silica gel memang sering ditemukan pada benda- benda baru, namun tidak banyak yang tahu bahwa silica gel sebenarnya punya segudang manfaat, sehingga biasanya silica gel akan langsung dibuang ke tong sampah.

Duh, sebenarnya sayang banget tahu kalo benda ini dibuang, karena kegunaan dia banyaak banget! Selain untuk bahan perawatan sepatu, tas, dan botol pil obat baru, silica gel pun mempunyai manfaat seperti ini


1. Membuat kamera waterproofmu tahan lama.

Kita tahu kamera waterproof bukanlah kamera yang murah, karena kita dapat mengabadikan momen- momen di dalam kolam renang atau laut dengan menggunakan kamera tersebut. Nah, namun karena sering dimasukkan dalam air,
kamera tersebut dapat lembap dan berembun, hal ini dapat membuat kameramu cepat rusak! Sebagai solusi, masukkan silica gel kedalam tas kameramu, agar kelembapan dan air yang masih tertinggal dalam kamera dapat diserap.


2. Mengeringkan HP yang masuk air



 

Kalo tiba- tiba HPmu jatuh kedalam air, jangan panik guys! Semuanya dapat teratasi dengan silica gel. Cukup lepaskan baterai dan memory card HP, lalu masukkan HP kedalam semangkok penuh silica gel. Silica gel akan membantu menyerap air yang telah merembes kedalam sirkuit HP. Diamkan HPmu semalaman, lalu nyalakan lagi keesokan harinya. Dijamin HP kamu akan kembali bekerja dengan normal!

3. Lensa kamera buram karena lembab? Atasi dengan sicilia gel


 



Menyimpan kamera didalam tas yang lembap, dapat membuat lensa kameramu menjadi buram loh! Masukkan silica gel kedalam tas kamera agar kejernihan lensa kameramu tetap terjaga.



4. Menjaga ketajaman cutter dan pisau cukur.



 

Salah satu penyebab tumpulnya pisau pada cutter dan alat cukurmu adalah kelembapan udara. Nah, maka sebaiknya simpan cutter dan alat cukurmu dalam laci yang tertutup dan jangan lupa masukkan silica gel kedalam laci juga, pasti ketajaman pisau akan terjaga.



5. Simpan alat make- up bersama silica gel agar tidak berjamur.
 

Kebersihan alat make-up yang terhindar dari jamur itu sangat penting loh, masukkan silica gel kedalam tas make-up mu agar alat make-upmu awet dan tahan lama.
6. Agar album fotomu bisa awet sampe tua, selipkan silica gel di dalamnya.

Terkadang mungkin kamu sering dilema apakah foto- fotomu mau dicetak atau simpan file digitalnya saja. Di satu sisi, file dapat hilang karena virus atau dapat error. Tapi di sisi lain, simpan foto di album foto pun bisa jamuran karena usia. Nah, kini gak usah khawatir lagi yang soal jamur- jamuran, karena silica gel dapat mengatasinya. Selipkan saja silica gel dalam album fotomu, maka fotomu pasti akan awet tahan lama tanpa menguning.

7. Hindari besi cepat berkarat dengan silica gel.




Proses berkarat disebabkan oleh adanya air yang berada di udara, sehingga proses oksidasi pun akan menyerang benda yang terbuat besi. Nah, taruh silica gel pada tempat penyimpanan perkakas besi agar tetap kering dan tahan lama.

8. Agar komik dan novel kesayanganmu gak menguning, pakai silica gel 


Punya banyak koleksi komik atau novel sampai bisa bikin perpustakaan pribadi tuh keren banget. Tapi sayang banget kan kalo semua buku- bukumu menguning karena jamur? Agar terhindar dari masalah ini, kamu bisa letakkan beberapa bungkus silica gel di tiap rak atau tempat penyimpanan buku biar bukumu lebih awet dan nggak berjamur. Selain itu, bau menyengat buku tua pun akan hilang karena silica gel juga bisa menyerap aroma gak sedap.

9. Bisa juga kok pakai silica gel untuk menjaga kualitas pet food.

Sama seperti snack bungkusan yang biasa kita beli, makanan anjing atau kucing juga akan tetap terjaga dengan baik kalo kita menyimpannya dengan benar. Sisipkan saja kira-kira 1-2 bungkus silica gel ke dalam kotaknya. Dijamin kualitas pet food ini akan terjaga dan tetap renyah. Tenang, silica gel tidak berbahaya kok selama masih ada bungkusnya. Rasa makanan juga tidak akan berubah.

 

Source: http://www.wawker.com/2016/08/kalau-nemu-bungkusan-ginian-dijalan.html


 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar